Pengelolaan Laboratorium Mikrobiologi

Dalam proses pelaksanaan pengelolaan laboratorium mikrobiologi harus dikelola dengan baik, agar proses kerja laboran sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Good Laboratory Practice atau GLP adalah pengelolaan pengorganisasian laboratorium dalam proses pelaksanaan pengujian, fasilitas, tenaga kerja dan kondisi yang dapat menjamin agar pengujian dapat dilaksanakan, dimonitor, dicatat dan dilaporkan dengan baik sesuai dengan standar nasional atau internasional serta memenuhi persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja.

Good Laboratory Practice

Penerapan GLP bertujuan untuk meyakinkan bahwa data hasil uji yang dihasilkan telah mempertimbangkan perencanaan dan pelaksanaan yang benar (Good Planning and execution), praktek pengambilan sampel yang baik (Good Sampling Practice), praktek melakukan analisa yang baik (Good Analytical Practice), praktek melakukan pengukuran yang baik (Good Measurement Practice), praktek mendokumentasikan hasil pengujian/data yang baik (Good Documentation Practice), praktek menjaga akomodasi dan lingkungan kerja yang baik (Good Housekeeping Practice).

Laboratorium sering diartikan sebagai suatu ruang atau tempat dilakukannya percobaan atau penelitian. Ruang dimaksud dapat berupa gedung yang dibatasi oleh dinding dan atap atau alam terbuka misalnya kebun botani. Pada pembelajaran sains termasuk biologi di dalamnya keberadaan laboratorium menjadi sangat penting. Pada konteks proses belajar mengajar sains di sekolah-sekolah seringkali istilah laboratorium diartikan dalam pengertian sempit yaitu suatu ruangan yang didalamnya terdapat sejumlah alat-alat dan bahan praktikum. Atas dasar inilah pembahasan kita tentang pengelolaan laboratorium akan dibatasi pada laboratorium yang berupa ruang tertutup.

Laboratorium mikrobiologi atau pengujian yang menerapkan GLP dapat menghindari kekeliruan atau kesalahan yang mungkin timbul, sehingga menghasilkan data yang tepat, akurat dan tak terbantahkan, yang pada akhirnya dapat dipertahankan secara ilmiah maupun secara hukum.

Materi Training

  • Tata letak Science Classroom-laboratory.
  • Peranana Laboratorium dalam uji sample.
  • Tata ruang lab, Personel, Management alat dan reagen (penggunaan dan resiko bahaya)
  • Tata tertib laboratorium.
  • Safety lab (yang berkaitan dengan symbol reagent)

Team Trainer

Berpengalaman sebagai Senior Mikrobiologi Analist Dept. Quality Assurance, Auditor Internal ISO 9001 dan 22000 & Lead Auditor AM (Autonomous Maintenance) & QM (Quality Maintenance) TPM di beberapa perusahaan nasional.

Fasilitas Training

  • Hardcopy materi training
  • Softcopy materi training
  • Makan siang
  • 2 Kali rehat kopi 7 snack
  • Sertifikat
  • Souvenir (T-shirt, Tas & FlashDisk)

Informasi Training

Email.

training@spinsinergi.com

Telpon.

022 – 721 0655

Seluler.

081 321 4555 01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *