Estimasi Ketidakpastian Pengujian Mikrobiologi

Pengukuran ketidakpastian sudah lama menjadi persyaratan pada analisis kimia dan fisika namun baru-baru saja hal ketidakpastian dinyatakan oleh para ahli mikrobiologi. Konsep yang diterima untuk pengukuran tingkat ketidakpastian yang berkaitan dengan pengujian mikrobiologi , sesungguhnya yang diinginkan adalah tingkat keyakinan (konfidens) yang dapat dicantumkan untuk hasil- hasil pengujian tertentu. Prosedur akreditasi laboratorium, dalam hal definisi dan standarisasi metoda lab, secara nasional dan internasional , mencari cara untuk mendefinisikan tingkat ketidakpastian yang dapat dicantumkan pada suatu pengujian mikrobiologi , semakin meningkat.

Evaluasi pengukuran ketidakpastian merupakan persyaratan bagi laboratorium yang melaksanakan sistim akreditasi ISO/IEC 17025 dan hal ini mencakup laboratorium yang melakukan pemeriksaan mikrobiologi.

Pengujian Mikrobiologi

Kebanyakan pengujian mikrobiologi , hasilnya tidaklah sempurna tanpa mencantumkan penafsiran signifikansinya. Tanpa suatu ukuran kedapat percayaan dari hasil, penafsiran yang dibuat tidak akan berarti sesuatu, dan penentuan pengukuran ketidakpastian menjadi persyaratan dari suatu organisasi/badan yang menetapkan spesifikasi komersial, batas-batas perundang-undangan dan standar serta badan yang bertugas melakukan pengawasan .

Materi Training

  • Pengantar estimasi ketidakpastian pengukuran.
  • Metode dan teknik pengukuran ketidakpastian .
  • Pertimbangan umum, berupa metode-metode kuantitatif, semi kuantitatif, metode-metode kualitatif dan metode-metode alternatif.
  • Data untuk validasi dan kontrol seperti validasi metode, bahan acuan dan uji profisiensi dan pengawasan mutu analisis.
  • Pendekatan untuk penetapan ketidakpastian meliputi pengorganisasian untuk pelaksanaan inter-lab, syarat dasar untuk melakukan penggabungan (ISO 16140), evaluasi awal dari data kuantitatif, analisis varians (ANOVA), pendekatan alternatif terhadap ANOVA, penentuan repeatability dan reproducibility menggunakan data quality monitoring (QM), penentuan ketidakpastian dari perkiraan reproducibility dan ketidakpastian yang berkaitan dengan pengujian kualitatif.
  • Rekomendasi untuk meminimalkan ketidakpastian, seperti: personil, peralatan, media dan pengenceran, inkubasi, pengambilan sampel utama, sampel yang akan diuji, pemeriksaan kultur dan pencatatan data, serta pemantauan mutu.

Team Trainer

Berpengalaman sebagai Senior Mikrobiologi Analist Dept. Quality Assurance, Auditor Internal ISO 9001 dan 22000 & Lead Auditor AM (Autonomous Maintenance) & QM (Quality Maintenance) TPM di beberapa perusahaan nasional.

Fasilitas Training

  • Hardcopy materi training
  • Softcopy materi training
  • Makan siang
  • 2 Kali rehat kopi 7 snack
  • Sertifikat
  • Souvenir (T-shirt, Tas & FlashDisk)

Informasi Training

Email.

training@spinsinergi.com

Telpon.

022 – 721 0655

Seluler.

081 321 4555 01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *